Beli Apartemen Untuk Investasi? Ini Dia Tipsnya

Beli Apartemen Untuk Investasi? Ini Dia Tipsnya Р Sedang menimbang-nimbang membeli apartemen untuk investasi? Jangan sampai salah pilih. Salah-salah investasi yang seharusnya beruntung, malah berujung buntung.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoo (PWC) yang merupakan professional service networks terbesar kedua di dunia dan bekerja sama dengan UrbanLand Institute pada tahun 2014, Indonesia berada di peringkat ke-3 dalam investment dan peringkat pertama dalam development di kawasan Asia Pasifik.

Di kawasan Jabodetabek saja, setiap tahunnya banyak bermunculan apartemen baru yang tidak hanya berfungsi sebagai hunian tetapi juga sebagai peluang investasi. Salah satu pertimbangan membeli apartemen sebagai investasi adalah harga jual apartemen yang selalu meningkat. Apalagi jika apartemen berada di lokasi yang strategis seperti dekat dengan kawasan perkantoran, perbelanjaan, atau dekat dengan daerah universitas/kampus seperti apartemen Indopasifik. 

Meski memiliki peluang yang baik, pembeli juga harus cermat dan cerdik melihat potensi yang dimiliki oleh apartemen. Setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen sebagai peluang investasi.

  • Lokasi

Lokasi memang merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan investasi properti. Pertanyaannya, lokasi seperti apakah yang bisa memberikan keuntungan?

Bagi pengembang, lokasi apartemen harus memiliki penilaian sunrise property. Indikator sunrise property ini adalah dekat dengan pembangunan infrastruktur dan jarak menuju pusat bisnis. Pemilihan lokasi juga sangat berpengaruh terhadap harga jual apartemen. Ada banyak apartemen yang ditawarkan dengan harga murah tapi berada di lokasi yang kurang strategis, sehingga kemungkinan apartemen akan sepi, harga jual menurun dan uang yang kita investasikan juga untuk membeli apartemen akan sia-sia.

Apartemen Indopasifik yang berlokasi di Alam Sutera merupakan salah satu sunrise property. Berada di jantung downtown Alam Sutera yang sedang dan terus berkembang, tepatnya di tepi jalan Sutera Boulevard, atau hanya 1 menit berjalan kaki dari Mall@Alam Sutera, Binus University Alam Sutera dan Prominence Office Building.

  • Kenaikan harga

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, kita harus mengetahui kapan apartemen tersebut dimulai dibangun. Selain itu kita juga harus menelurusi kisaran harga properti di awal pembangunan sampai waktu berkunjung ke apartemen tersebut.

Dari sini kita bisa menghitung return on investmentnya.

  • Status lahan

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mengetahui status lahan apartemen, apakah sudah menjadi hak milik pengembang atau masih status Build, Operate, Transfer (BOT)?

Jangan sampai ketika habis masa penggunaan lahan oleh pihak swasta, tanah dan bangunan yang dibangun swasta di atas tanah tersebut harus dikembalikan atau diserahkan kepada pemerintah pusat atau pemerintah daerah dan pembeli hanya bisa gigit jari.

  • Fasilitas

Penghuni apartemen sangat dinamis. Apartemen yang memiliki fasilitas lengkap tentunya menjadi salah satu pertimbangan investasi. Apartemen yang memiliki area komersial seperti hotel atau condotel juga membuka pangsa pasar yang berpotensial.

 

Beli Apartemen Untuk Investasi? Ini Dia Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *