Strategi Mengelola Keuangan Keluarga Muda Agar Bisa Membeli Rumah Baru

Strategi Mengelola Keuangan Keluarga Muda Agar Bisa Membeli Rumah Baru

Pasangan yang baru saja menikah atau membangun rumah tangga pastinya sering kali dihadapkan dengan masalah yang berhubungan dengan finansial bukan, apalagi jika seandainya income yang dimiliki masih terbilang kecil. Sehingga belum bisa tinggal di rumah sendiri dan masih ikut dengan orang tua. Beberapa diantaranya mungkin akan merasa kurang nyaman dengan hal ini dan berangan-angan untuk segera memiliki rumah sendiri. sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk dilakukan asalkan Anda menerapkan tips keuangan keluarga muda dengan benar.

https://ilovelife.co.id/blog/ini-5-prioritas-yang-wajib-dipersiapkan-keluarga-muda/

Rumah memang termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok setiap orang, sehingga bukan hal yang mustahil jika seandainya setiap orang menginginkannya, tinggal di rumah sendiri yang meskipun tidak mewah namun tetap nyaman, apalagi setelah membina hubungan rumah tangga dengan orang yang dicintai, namun sebagaimana yang Anda ketahui bahwa harga properti sekarang ini mahal, bahkan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jadi tidak heran jika seandainya bagi pasangan yang baru saja menikah hal yang sangat mustahil untuk membeli rumah sendiri, apalagi dengan kondisi keuangan yang dapat dikatakan pas-pasan.

Sebenarnya bukan hal yang mustahil, Anda tetap bisa mewujudkan harapan tersebut, berikut ini beberapa tipsnya yang bisa dicoba, yaitu:

  1. Mulailah merencanakan finansial Anda, semuanya dimulai dari perencanaan keuangan yang tepat, karena tanpa hal ini Anda tidak tahu arahan yang benar untuk mewujudkan harapan tersebut. Diantaranya adalah dengan menjumlah total kebutuhan hidup berdua selama satu bulan, kemudian juga mencari referensi rumah yang lokasinya dekat dengan tempat kerja dan pastinya juga nyaman di tinggali, begitu juga dengan pertimbangan harganya.
  2. Menabung, cara paling efektif untuk menabung adalah dengan membuat dua rekening berbeda, satu diantaranya untuk menampung berbagai macam transaksi yang Anda lakukan, sedangkan yang lainnya fokus hanya dipakai untuk kebutuhan simpanan atau tabungan saja. Sehingga nantinya uang untuk tujuan jangka panjang tersebut tidak tercampur aduk dan bisa lebih fokus pada keinginan memiliki rumah baru.
  3. Usahakan untuk berhemat, menghemat bukan berarti pelit, bedakan antara keduanya, Anda bisa memangkas beberapa jenis kebutuhan yang sifatnya kurang begitu penting, sehingga uang tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya yang sifatnya lebih bermanfaat, seperti diantaranya adalah dengan ditabung. Kurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu hidup boros seperti diantaranya adalah jalan-jalan atau mungkin belanja dan nongkrong di luar.
  4. Mencari penghasilan tambahan, tak ada salahnya juga untuk menggunakan waktu senggang Anda untuk bekerja mencari penghasilan tambahan, misalnya adalah dengan menjadi seorang freelancer ataupun yang lainnya. Ini akan mempercepat menambah isi tabungan untuk membeli rumah baru. Namun pastikan meski Anda sibuk bekerja tetap menjaga kesehatan karena ini adalah hal yang sangat mahal harganya.
  5. Pertimbangkan untuk berinvestasi, memang jika hanya mengandalkan tabungan saja akan sangat lama hasilnya, cara paling cepat adalah dengan berinvestasi, meskipun juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya setiap investasi ini juga memiliki resiko. Cari instrumen investasi yang resikonya kecil, namun tawarkan hasil yang cukup menguntungkan.

Mulailah untuk menerapkan 5 cara tersebut sekarang juga, sehingga tidak menunggu waktu lama nantinya rumah idaman bisa segera dibeli. Keuangan keluarga muda memang yang paling sering mengalami goncangan atau masalah, namun tidak jika seandainya Anda pintar-pintar di dalam mengelolanya, meskipun jika dilihat dari segi gaji juga tidak begitu besar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *