Tips Mudah Memulai Bisnis dengan Modal Terbatas

Tips Mudah Memulai Bisnis dengan Modal Terbatas – Saat memulai suatu usaha, modal sangat diperlukan pertama kali. Modal bisa berupa tenaga, pikiran, dan juga materi. Saat modal tenaga dan pikiran sudah terpenuhi, terkadang modal dari materi sangat terbatas. Hal ini sering menjadi keraguan terutama bagi pemula untuk mulai menjalankan bisnis. Modal yang besar tidak menjamin kesuksesan jika tidak dibarengi dengan niat dan usaha yang keras, begitu juga sebaliknya. Untuk itu bagi Anda yang berniat memulai suatu usaha, Anda bisa memanfaatkan dana yang terbatas untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Kunci utamanya adalah dengan percaya diri dengan bisnis yang dijalankan dan berusaha dengan sungguh-sungguh.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis namun memiliki modal yang terbatas, diantaranya adalah:

1. Memulai dengan menjadi agen atau perantara.
Dengan modal yang terbatas Anda bisa memulai usaha dengan menjadi agen atau perantara. Anda bisa mencari perusahaan besar yang sudah mapan, kemudian menawarkan diri untuk menjadi agen yang memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah promosi ke konsumen secara langsung atau dengan memanfaatkan media online.

2. Mencermati peluang yang ada.
Anda bisa melakukan survei mengenai kebutuhan masyarakat yang sangat dominan kemudian seleksi diantara kebutuhan tersebut yang masih sedikit digeluti oleh orang-orang sebagai ladang bisnis. Namun perlu diingat, untuk pemula carilah bisnis yang mudah untuk dijalankan. Akan sangat sulit peluang keberhasilannya jika mencari bisnis dengan pesaing sedikit namun sulit dijalankan.

3. Meminta uang muka terlebih dahulu.
Jika Anda memiliki modal yang terbatas, Anda bisa menerapkan peraturan untuk order dalam jumlah yang banyak perlu memberikan uang muka (DP) terlebih dahulu. Bisnis seperti katering, produksi kaos bisa Anda terapkan sistem ini. Dengan uang muka tersebut Anda bisa memproduksi pesanan. Jika usaha sudah mulai besar, sistem ini nantinya bisa Anda hapuskan. Karena ada sebagian konsumen yang terkadang keberatan jika harus membayarkan sejumlah uang muka di awal pemesanan.

4. Mengajukan kredit.
Dengan modal sedikit terkadang ada bisnis yang tidak bisa dijalankan, sehingga pilihan untuk meminjam dari saudara, orang tua, teman ataupun kredit dari bank bisa dijadikan solusi. Namun perlu diperhatikan saat meminjam pastikan memilih bank yang memberikan suku bunga yang kecil dengan banyak kemudahan yang menguntungkan nasabah.

5. Mengalokasikan keuntungan untuk menambah modal.
Jika mendapatkan keuntungan walaupun sedikit dari bisnis yang dijalankan, Anda bisa mengalokasikannya untuk menambah modal.

6. Tidak perlu menyewa toko atau tempat usaha.
Bisnis tidak harus dilakukan di toko atau tempat usaha. Jika Anda memiliki dana terbatas, pilihan bisnis secara online akan lebih tepat karena tidak memerlukan offline store.

7. Memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut.
Membuat iklan di pamflet maupun di media cetak hanya akan mengurangi dana yang dipunyai, terlebih jika dananya terbatas. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut sebagai permulaan usaha.

8. Memilih usaha yang sesuai dengan hobi.
Jika Anda memiliki hobi yang bisa dijadikan bisnis, maka hal ini akan lebih menghemat dana yang harus dikeluarkan. Karena sudah menjadi hobi tentu peralatan yang dibutuhkan serta pengetahuan yang diperlukan juga sudah dimiliki.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *