Cek 4 Bagian Kamera Drone Ini untuk Perawatan Sederhana

Cek 4 Bagian Kamera Drone Ini untuk Perawatan Sederhana – Untuk mengabadikan suatu momen tertentu, kerap kali menggunakan smartphone karena sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni namun ada juga yang menggunakan jenis kamera lain seperti kamera action atau dengan menggunakan drone. Kamera drone yang memiliki harga bisa mencapai jutaan rupiah di toko online ini bisa menangkap gambar dari ketinggian sehingga cocok untuk memotret landscape atau bentangan alam.

Agar kamera yang menggunakan remote control ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga Anda bisa menggunakannya kembali dan lebih berhemat karena tidak perlu membeli yang baru ini, Anda harus bisa merawat drone dengan baik. Untuk cara perawatan, Anda bisa mengecek 4 bagian penting dari drone seperti berikut ini. Pertama adalah motor penggerak. Jika bagian ini kotor atau rusak, maka drone tidak bisa terbang dengan baik. Cek bagian penting dari drone Anda apakah bagian tersebut banyak terdapat debu dan kotoran yang menempel atau tidak. Jika ada, segera bersihkan bagian tersebut secara berkala karena kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan motor penggerak menjadi mudah rusak.

Kedua adalah baterai. Apabila baterai dari drone Anda tidak dalam kondisi yang baik misalnya drop bisa menyebabkan kamera tersebut cepat mati dan Anda tidak bisa untuk mengambil gambar sesuai dengan yang Anda inginkan dan butuhkan. Jika dibiarkan maka baterai bisa rusak dan harus diganti yang baru. Perawatan sederhana untuk baterai kamera drone adalah tidak memaksakan drone terbang jika baterai sudah mencapai 30%. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan:

  • Mengisi baterai hingga 50% jika drone yang Anda miliki akan disimpan dan tidak dipergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama misalnya 2 minggu.
  • Isi baterai hingga penuh untuk sekali pengisian.
  • Menggunakan charger baterai yang asli.

Ketiga adalah baling-baling. Salah satu rangka dari drone ini rentan mengalami kerusakan terutama jika Anda kurang bisa mengendalikan drone sehingga drone menjadi kerap terjatuh. Untuk melindungi bagian ini sehingga tidak mudah rusak, Anda bisa menggunakan pelindung baling-baling. Pelindung tersebut bisa juga melindungi Anda dan orang lain agar tidak terkena baling-baling karena bagian tersebut cukup berbahaya jika mengenai tubuh. Selain menggunakan pelindung baling-baling, cek lebih dahulu apakah bagian dari drone tersebut mengalami kerusakan seperti retak, bengkong atau yang lainnya karena jika dipaksakan untuk terbang bisa menyebabkan drone tidak seimbang ataupun menjadi susah untuk dikendalikan.

 

Keempat adalah frame atau rangka. Drone menggunakan frame yang ringan sehingga menyebabkan kamera tersebut mudah untuk terbang dan dikendalikan akan tetapi, frame atau rangka juga rentan rusak misalnya terjadi bengkok di bagian tertentu. Karena hal tersebut, Anda harus mengecek bagian rangka drone sebelum terbang dan jika dipaksakan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

 

Selain keempat bagian penting dari kamera drone tersebut yang harus selalu diperhatikan agar drone bisa awet dan digunakan untuk jangka waktu yang lama, Anda juga harus memperhatikan mengenai tempat penyimpanan kamera. Simpan drone di tempat yang cukup luas, kering dan tidak lembab sehingga bisa mengurangi resiko korosi yang terjadi pada kerangka. Selain itu, pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tempat penyimpanan tersebut tidak lembab dan kerangka drone bisa lebih terjaga dengan baik kondisinya. Selain itu, saat Anda hendak membawa drone, hati-hati saat membawanya agar tidak terjadi benturan yang bisa menyebabkan kerusakan di bagian tertentu misalnya pada baling-baling.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *