Hal Penting Jika Berlibur ke Luar Negeri

Hal Penting Jika Berlibur ke Luar Negeri-Liburan ke luar negeri pastinya sangat menyenangkan. Menambah wawasan dan juga menambah gengsi tersendiri. Menyaksikan langsung perbedaan dan kondisi sebuah negara. Budaya dan masyarakat yang berbeda tentu menjadi hal menarik yang didapat dari liburan ke luar negeri. Jalan-jalan ke luar negeri sudah menjadi tren bagi masyarakat tanah air. Untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Hal Penting Mengenai Liburan ke Luar Negeri

Ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama Anda yang baru pertama melakukan perjalanan ke luar negeri.

1. Paspor dan Visa

Untuk masuk ke sebuah negara, seseorang akan melalui pemeriksaan di bagian imigrasi. Paspor dan visa menjadi dokumen utama yang harus Anda persiapkan. Mungkin untuk beberapa negara tidak mengharuskan warga Indonesia masuk menggunakan visa. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk semua negara, jadi Anda perlu memastikan peraturan setiap negara yang akan dikunjungi. Pastikan visa yang dibuat sesuai dengan tujuan kedatangan Anda ke negara tersebut.

2. Memperhatikan cuaca

Perbedaan utama yang akan ditemui saat liburan ke negara lain adalah cuaca. Apalagi untuk Anda yang mengunjungi daerah 4 musim yang berbeda kondisinya dengan negara-negara tropis. Siapkan stamina untuk menghadapi cuaca di setiap negara yang akan didatangi. Perlu diketahui beberapa negara bisa saja sedang musim panas, namun suhu udaranya begitu dingin. Hal tersebut bisa membuat Anda terkejut, jika tidak melakukan persiapan terlebih dahulu. Jika Anda mempersiapkan hal ini, Anda tidak akan mengalami shock karena cuaca yang ekstrem atau sangat berbeda dengan cuaca di tempat asal.

3. Mengetahui festival atau hari besar

Setiap ada festival biasanya akan ramai kegiatan dan berbagai pertunjukan menarik. Setiap negara memiliki perayaan atau festival tertentu. Sebaiknya Anda cari tahu negara yang akan dituju memiliki festival apa dan kapan penyelenggaraannya. Liburan Anda pastinya akan semakin seru, jika bersamaan dengan jadwal atau waktu penyelenggaraan festival tersebut. Tidak kalah penting untuk Anda mengetahui hari-hari besar pada setiap negara. Pada hari besar bisa saja menjadi hari libur nasional. Hal tersebut tentu bisa mengganggu liburan Anda, apabila banyak toko yang tutup atau tidak beroperasi karena hari libur.

4. Menjaga kesehatan

Kesehatan adalah hal paling berharga untuk setiap orang. Apalagi untuk Anda yang sudah memiliki rencana akan melakukan liburan ke luar negeri. Perjalanan jauh akan memerlukan stamina dan kesehatan yang bagus.

Perhatikan pula kondisi suatu negara, seperti adanya kemungkinan sedang terjadi wabah atau penyakit yang sedang melanda sebuah negara. Gunakan vaksin apabila Anda akan memasuki sebuah negara yang sedang dilanda wabah. Jika bisa, sebaiknya hindari mengunjungi negara tersebut untuk sementara. Ganti jadwal atau destinasi tujuan Anda dengan negara yang lebih aman.

5. Travel warning

Pemerintah akan berusaha menjaga warganya yang akan mengunjungi sebuah negara. Untuk itu peringatan atau travel warning sering dikeluarkan pada negara-negara yang rawan atau perlu kewaspadaan yang lebih. Informasi seperti ini bisa diperoleh dari situs-situs resmi pemerintah.

6. Sedikit mengerti bahasa asing

Sudah pasti bahasa yang digunakan di negara tujuan Anda berbeda dengan Indonesia. Setidaknya Anda harus sedikit mengeri bahasa Inggris agar perjalanan Anda lebih lancar. Bisa berkomunikasi di sebuah negara adalah hal penting. Hal tersebut bisa membantu Anda saat terjadi masalah atau ada yang ingin ditanyakan. Walaupun tidak semua masyarakat lokal di sebuah negara bisa berbahasa Inggris, sedikit menguasai bahasa internasional ini akan cukup membantu.

7. Biaya perjalanan

Hal penting yang wajib diperhatikan adalah biaya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Wisata ke sebuah negara pastinya memerlukan biaya yang lebih tinggi dibanding di negara sendiri. Biaya tersebut terutama untuk membeli tiket pesawat. Sebaiknya Anda mulai menabung, jika ada rencana liburan ke luar negeri. Menabung dapat membantu menghindarkan Anda kesusahan mencari dana cepat hanya untuk liburan. Apabila ingin lebih berhemat, perbanyak pengetahuan Anda mengenai tips liburan hemat ke luar negeri. Seperti mencari tiket promo, melakukan perjalanan ala backpacker, atau menginap di rumah masyarakat lokal agar tidak mengeluarkan biaya besar untuk hotel.

8. Memperhatikan keamanan selama berlibur

Kondisi sebuah negara tidak sama dan tidak selalu aman untuk wisatawan. Sebaiknya hindari berlibur ke negara dengan tingkat kriminalitas tinggi. Jika ingin tetap ke sana, perhatikan sisi keamanan Anda. Mulai dari menyimpan uang, membawa dokumen identitas, hingga nomor-nomor penting untuk bantuan darurat. Jika Anda menyimpan uang tunai, sebaiknya tidak pada satu tempat. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar tidak kehilangan semua uang tunai yang Anda bawa. Nomor darurat yang sebaiknya disimpan adalah nomor hotel atau tempat menginap dan nomor darurat untuk perwakilan pemerintah yang ada di negara tersebut.

9. Mengerti hukum suatu negara

Jangan heran jika melihat kebudayaan yang sangat berbeda pada sebuah negara. Hal tersebut lumrah apalagi untuk negara Asia seperti Indonesia dengan negara-negara barat. Selain budaya masyarakatnya yang berbeda, hukum yang berlaku di sana pun tidak sama. Bisa saja di negara yang Anda kunjungi memiliki peraturan yang dirasa unik atau bahkan aneh. Seperti peraturan yang ada di Yunani, tidak mengizinkan Anda untuk menggunakan stiletto. Sepatu ini sebaiknya tidak dibawa saat Anda mengunjungi negara Yunani. Peraturan yang cukup unik lainnya ada berlaku di Singapura yakni larangan untuk makan permen karet terlalu banyak. Jadi Anda perlu sedikit mempelajari negara yang akan dikunjungi. Apabila tidak ingin terkena masalah hukum di sana, patuhi peraturan tersebut dan jangan berani-berani mencoba melanggar.

10. Transportasi

Umumnya negara maju memiliki sistem transportasi yang sudah tertata dengan baik. Informasi mengenai transportasi tersebut pun dibuat lebih mudah untuk wisatawan mancanegara. Namun ada pula negara-negara yang belum memiliki sistem transportasi yang bagus. Sebaiknya Anda pelajari moda transportasi di negara tempat Anda berlibur. Hal penting ini bisa mencegah Anda tersesat di negara asing. Mengetahui jadwal keberangkatan bis atau kereta juga penting agar Anda tidak ketinggalan yang bisa membuat kegiatan Anda menjadi tertunda.

11.Waspada terhadap tindak kriminal

Semua orang tentu tidak mengharapkan hal buruk terjadi. Seperti tindak pencurian atau tindakan kriminal lainnya. Kejahatan seperti ini bisa saja membuat Anda kehabisan uang saku dan tidak bisa melakukan apa-apa di negara yang Anda kunjungi. Mungkin akan mudah, apabila Anda bersama teman dan bisa meminjam uang kepada teman Anda. Namun jika Anda liburan sendiri dan tidak bisa menemukan pinjaman, Anda bisa benar-benar diam di negara tersebut. Untungnya sekarang ada pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat apapun yang ada di internet. Pinjaman tanpa agunan ini bisa menjadi solusi saat Anda membutuhkan dana secepat mungkin.
Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan apabila melakukan liburan ke luar negeri. Persiapan yang matang akan membantu Anda berlibur dengan lebih maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *