Tips Memilih dan Merawat Mesin Cuci untuk Keperluan Rumah Tangga

 

Perlengkapan rumah tangga seperti alat elektronik untuk membantu keperluan di dapur atau membersihkan rumah sangat diperlukan terlebih di jaman ini dimana para ibu juga banyak yang memiliki pekerjaan di rumah. Salah satu alat rumah tangga yang bisa memberikan manfaat besar adalah sebuah mesin cuci elektrik. Mesin ini bisa membantu tugas ibu untuk membersihkan pakaian seluruh anggota keluarga. Dengan menggunakan mesin ini, ibu tidak perlu menguras tenaga dan waktu sehingga bisa mengerjakan tugas-tugas lainnya yang juga bermanfaat.

 

Dewasa ini penggunaan mesin untuk mencuci semakin mendasar terlebih dengan padatnya aktifitas manusia. Karenanya sekarang juga banyak ditemukan jasa laundry untuk mencucikan baju Anda. modal dari jasa laundry tersebut tentu saja sebuah mesin yang bisa secara otomatis membersihkan pakaian dengan waktu yang cepat dibandingkan dengan mencuci menggunakan tangan atau manual. Bagi Anda yang sering membutuhkan mesin ini karena anggota keluarga yang jumlahnya banyak, sebaiknya membeli sendiri mesin ini dari pada terus menerus menggunakan jasa laundry yang nantinya juga membutuhkan banyak uang.

 

Untuk membeli mesin pencuci pakaian pertama kali, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan mesin terbaik. Berikut ini adalah tipsnya untuk Anda:

 

  1. Sesuaikan dengan daya listrik di rumah karena ada beberapa mesin ini yang membutuhkan daya listrik besar.
  2. Pilih antara 1 tabung atau 2 tabung. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri termasuk diantaranya harga dan keawetan. Mesin satu tabung lebih efisien dan membutuhkan pengawasan yang minim namun memiliki harga yang mahal. Juga ketika terjadi kerusakan, mesin dengan satu tabung akan lebih sulit diperbaiki dibandingkan mesin dengan 2 tabung cuci.
  3. Dimensi mesin akan menentukan banyak sedikitnya pakaian yang bisa dicuci dalam satu waktu. Semakin besar mesin atau tabung maka semakin banyak pula daya tampungnya. Namun perhatikan juga kebutuhan listrik dan daya putar mesinnya.
  4. Harga juga perlu diperhatikan agar Anda selalu membeli barang sesuai dengan kemampuan.

 

Setelah Anda memiliki sebuah mesin untuk mencuci pakaian, hal yang perlu diketahui selanjutnya setelah cara menggunakan adalah perawatannya. Untuk penggunaan rumah tangga maka perawatan yang harus dilakukan tidak terlalu rumit yaitu:

 

  • Buang air setelah mencuci.
  • Cabut sakelar setelah mesin selesai digunakan.
  • Bersihkan bagian atas mesin ini agar tidak ada debu yang menumpuk.
  • Gunakan hanya air yang bersih untuk mencuci agar mesin tidak ikut kotor.

 

Pilihlah sebuah mesin cuci dari merk yang ternama dan terpercaya sehingga Anda akan juga menikmati kualitasnya. Merk barang elektronik yang sudah dikenal banyak orang selama puluhan tahun akan memiliki tempat service centre dan spare part yang mudah ditemukan di Indonesia sehingga Anda akan lebih mudah untuk merawatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *