Ingin Jalan-jalan Hemat ke Solo? Simak Tips Liburan Ala Backpacker Berikut Ini

Kota Surakarta atau Solo memiliki beragam destinasi wisata unggulan yang kerap menjadi daya tarik bagi para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Selain wisata budaya dan sejarah, Solo juga menyajikan aneka jenis kuliner lezat yang mungkin tidak ditemukan di kota lain.

Jalan-jalan Hemat ke Solo
Jalan-jalan Hemat ke Solo (sumber : jempolkaki.com)

Terkendala masalah biaya? Tenang. Berwisata ke Solo itu tidak harus mahal. Sebab, Anda tetap bisa liburan hemat ke Solo dengan menerapkan tips berwisata ala backpacker berikut ini.

  1. Pemilihan Sarana Transportasi

Langkah pertama yang harus dilakukan seorang backpacker untuk mendapatkan liburan hemat adalah mau menggunakan transportasi umum. Di Solo, sudah ada Batik Solo Trans yang akan mengantarkan Anda ke beberapa objek wisata ternama.

Selain menggunakan transportasi umum, backpacker juga harus siap untuk berjalan kaki menjelajahi kawasan-kawasan wisata yang berdekatan. Sebagai contoh, dari keraton Kasunanan menuju ke Pasar Klewer, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 km.

Untuk itu, saat membuat rencana perjalanan, pastikan Anda melihat terlebih dahulu posisi destinasi wisata yang akan Anda tuju. Kelompokkan objek-objek wisata yang berdekatan untuk dikunjungi dalam waktu sehari. Dengan demikian, perjalanan liburan bisa lebih efektif karena Anda hanya perlu fokus menjelajahi satu kawasan per hari tanpa perlu berganti-ganti alat transportasi lagi.

  1. Kuliner Hemat

Solo memiliki beragam kuliner khas yang wajib Anda cicipi. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, Anda bisa berkunjung ke Pasar Gede Hardjonagoro atau yang biasa disebut Pasar Gede Solo. Di sana, Anda dapat menikmati lezatnya aneka menu makanan tanpa perlu menguras isi kantong, seperti misalnya brambang asem, nasi tumpang, lenjongan, atau es dawet.

Saat malam hari, Anda juga tetap bisa memanjakan isi perut dengan biaya hemat. Caranya adalah dengan berkunjung ke angkringan atau yang kerap dikenal dengan sebutan wedangan atau hik. Di sana tersedia menu-menu sederhana, seperti nasi sambal teri, nasi oseng-oseng, aneka gorengan, serta minuman hangat dengan harga yang kerap tidak masuk akal alias sangat murah.

  1. Objek-objek Wisata Murah

Sebagai kawasan budaya yang kental dengan nilai-nilai sejarah, Solo menawarkan ragam objek wisata dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata hemat di Solo untuk Anda.

  • Wisata Keraton

Di Solo, setidaknya ada 3 keraton yang bisa Anda kunjungi, yaitu Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan Keraton Kesultanan Pajang. Masing-masing memiliki bangunan-bangunan berdesain arsitektur indah, serta menyimpan cerita sejarah yang menarik untuk disimak.

  • Museum

Selain menambah pengetahuan, berkunjung ke museum juga bisa menjadi cara untuk mengenal lebih dekat sejarah Kota Solo. Di Solo terdapat beberapa museum dengan koleksi-koleksi menarik, seperti yang terdapat di Museum Radya Pustaka, Museum Keraton Solo, Museum Pers, dan Museum Pura Mangkunegaran.

  • Taman

Setelah melakukan perjalanan panjang menikmati beragam koleksi dan artsitektur bangunan-bangunan budaya di Solo, ada baiknya Anda juga mengunjungi beberapa taman berikut ini. Taman Balekambang, Taman Banjarsari, dan Taman Satwa Taru Jurug bisa menjadi solusi untuk Anda menikmati suasana alam di tengah Kota Solo. Namun jika ingin menyaksikan beragam pertunjukan budaya, Taman Sriwedari-lah yang harus Anda datangi.

  • Hotel Bujet

Berlibur ke Solo tentu tidak cukup apabila hanya dilakukan dalam sehari. Banyaknya objek wisata menarik serta beragam kuliner yang menggoyah lidah kerap membuat setiap wisatawan selalu betah berlama-lama berada di Kota Batik ini.

Jika Anda berencana menghabiskan waktu liburan selama beberapa hari di Solo, ada cara mudah untuk menghemat biaya menginap. Anda bisa memesan hotel murah di Solo melalui aplikasi Airy Rooms di ponsel pintar atau situs web www.airyrooms.com.

Airy Stasiun Balapan Natuna 4 Solo

Di Airy Rooms, seluruh kamar tersedia dengan fasilitas istimewa. Anda akan dimanjakan oleh ruangan ber-AC yang nyaman, tempat tidur bersih, WiFi gratis, kamar mandi dengan air panas, air minum gratis, dan TV layar datar, dengan harga bersahabat. Jadi, liburan di Solo pun bisa lebih hemat.

3 thoughts on “Ingin Jalan-jalan Hemat ke Solo? Simak Tips Liburan Ala Backpacker Berikut Ini”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *