Info Seputar Sepeda: Ini Dia Sepeda Onthel Termahal di Dunia

Sepeda merupakan alat transportasi yang hingga kini masih banyak dipergunakan. Meski kini sepeda bukanlah alat transportasi yang utama, namun masih banyak juga yang menyukai aktivitas bersepeda lantaran mampu menyehatkan. Jika kini sudah banyak jenis sepeda mulai dari sepeda gunung, sepeda fixie dan sepeda lainnya, maka tidak akan bisa lepas dari sejarahnya yaitu sepeda onthel. Sepeda onthel memang sepeda yang sudah lama dan kuno, namun jangan salah karena ternyata ada juga sepeda onthel yang dibanderol dengan harga selangit. Inilah info seputar sepeda onthel termahal di dunia:

1. Sepeda simplex

Sepeda termahal yang pertama adalah sepeda Simplex karena pabrik sepeda ini bernama Simplex Automatic Machine. Pendirinya adalah seorang yang berkebangsaan Inggris bernama Charles Bingham. Merek sepeda ini sudah berdiri sejak tahun 1887 dan menjadi salah satu produsen sepeda yang tertua. Setelah sekitar 128 tahun beroperasi, pabrik yang berlokasi di kawasan Utrecht ini kemudian pindah ke Amsterdam, Belanda. Popularitas Simplex di Belanda ternyata sangat tinggi sehingga hampir semua orang di sana memakai sepeda Simplex ini di kesehariannya di tahun tersebut. Perusahaan ini bahkan pernah mengeluarkan sepeda dengan roda tiga di tahun 1908 yang disambut baik oleh semua orang.

2. Sepeda Veeno

Merek Veeno berdiri sejak tahun 1908. Sebelum membuat pabrik sepeda, Veeno ini ternyata diawali di sebuah gudang yang sebetulnya merupakan bengkel reparasi. Namun kemudian sang pemilik yaitu P van der Veen, kemudian memproduksi sepeda sekaligus tetap bekerja sebagai tukang tembaga, tukang onderdil dan lainnya. Baru kemudian setelah beberapa waktu Ia membangun pabrik sendiri karena sepedanya disambut baik masyarakat dan di tahun 1920 perusahaan besutannya beralih menjadi perseroan terbatas publik. Banyak sekali model yang sudah dikeluarkan oleh merek Veeno ini. Di tahun 60-an, sepeda Veeno mendapatkan popularitas tertingginya dengan memproduksi puluhan ribu sepeda dan berhasil terjual dengan baik.

3. Sepeda Gazelle

Pabrik dari sepeda Gazelle ini berdiri sejak tahun 1902 oleh dua orang bernama Willem Kolling dan Rudolf Arentzen. Selain memproduksi sepeda onthel, perusahaan ini juga memproduksi sepeda motor sebagai perluasan bisnisnya. Perusahaan ini bertumbuh dengan semakin meningkat dengan banyak permintaan domestik serta internasional yang terus meningkat. Ketika perang dunia meletus, hal ini ternyata membuat keuntungan sendiri bagi Gazelle karena banyak yang membutuhkan sepeda untuk alat transportasi.

Itulah info seputar sepeda onthel yang termahal di dunia dan kebanyakan adalah produksi dari Belanda. Beberapa sepeda tersebut juga masuk ke Indonesia untuk meningkatkan penjualan. Meski kini sudah banyak sepeda jenis terbaru, namun masih banyak juga penggemar sepeda onthel nan klasik. Di kota tempat saya tinggal juga cukup banyak penggemar sepeda antik ini…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *