Alasan Ini yang Membuat Lagu Pop di Indonesia Terkenal di Malaysia

Alasan Ini yang Membuat Lagu Pop di Indonesia Terkenal di Malaysia – Setiap negara memiliki bahasa nasionalnya sendiri-sendiri namun terdapat hal yang dapat menyatukan berbagai elemen masyarakat tanpa harus mengerti bahasa negara tersebut yaitu dengan menggunakan musik. Salah satu jenis musik yang paling banyak disukai adalah jenis musik pop. Lagu pop yang diciptakan dianggap mampu untuk menarik perhatian industri musik dan lebih mudah diterima masyarakat. Di Indonesia, musik pop dikenal juga dengan I-pop yang tidak hanya menggunakan unsur asli Indonesia namun juga unsur luar misalnya musik Amerika dan salah satu pelopor musik pop yang ada di Indonesia adalah Koes Plus.

Ternyata, musik pop yang dimiliki oleh Indonesia mampu menarik perhatian dari masyarakat yang ada di Malaysia. Indonesia dan Malaysia merupakan negara serumpun yang dianggap bersaudara. Memiliki bahasa yang hampir sama, tidak membuat masyarakat Malaysia kesusahan untuk mengartikannya. Berdasarkan pada penuturan dari Rosyaidah selaku Digital Marketing Manager, Promotion, Public Relation, mengatakan jika musik Indonesia sangat mengena di hati orang Malaysia.

Rossa sukses menggelar konser di Malaysia ~ bintang.com
Rossa sukses menggelar konser di Malaysia ~ bintang.com

Ketulusan yang menjadi dasar para musisi Indonesia untuk menciptakan lagu sehingga tercipta musik dan lagu yang tulus dan mengena hati menjadi faktor terbesar yang membuat masyarakat Malaysian menyukai lagu Indonesia. menurut Rosyaidah yang juga dipanggil Timi tersebut, di Malaysia, melodi dan lirik memang memiliki kreativitas namun belum sampai ke tahap lirik dan melodi yang dibuat tulus dari hati.

Bahasa yang tidak berbeda jauh menjadi faktor terbesar kedua yang membuat lagu pop milik Indonesia mampu bertahan dan disukai oleh masyarakat yang ada di Malaysia. Walaupun musik merupakan bahasa yang universal namun dengan bahasa yang mudah dan dapat dimengerti akan meningkatkan pemahaman mengenai lyric atau pesan yang ingin disampaikan melalui lagu yang dibuat.

Musik Indonesia yang dianggap juga menyerap budaya lain seperti genre J-pop ataupun K-pop membuat lagu yang dihasilkan menjadi lebih beragam dan sesuai dengan perkembangan jaman. Karena kepopuleran dari musik pop Indonesia di negeri Jiran Malaysia, membuat industri musik Malaysia di tahun 2008 menuntut adanya pembatasan penyiaran lagu Indonesia di radio-radio musik pop yang ada di Malaysia karena mengancam atau merisaukan musik Malaysia.


One Comments

  • Hon Book Store

    February 28, 2017

    Selera musik Indonesia hampir saja merosot ketika beralih ke boyband dan girlband yg lebih mementingkan tampang dan koreo…
    Di tahun2 itu saya gak pernah mendengar lagu2 Indonesia dan beralih ke band2 Jepang.
    Untung kejadian itu hanya sebuah musim saja… seperti dulu saat musim akik semua berlomba mencari akik 🙂

    Reply

Leave a Reply